Cara Membuat Business Model Canvass yang Benar

1 – Building Your Business Blue Print

Cara Membuat Business Model Canvass

 

Ada Beberapa Hal Penting jika Kita ingin Mengoptimasi Bisnis Kita.

Salah Satunya adalah Membuat Business Plan atau Membuat Business Process yang baik

Salah Satu Tools yang paling Sering digunakan oleh Para Business Coach adalah menggunakan BMC (Business Model Canvass)

 

Tentu saja pembuatan Business Model Canvass ini akan selaras dengan Pembuatan dan Perancangan Visi dan Misi Perusahaan pada Tahap awal pembuatan Business Blue Print ini.

 

Dalam Membuat Sebuah Business Plan Sederhana yang tentunya dapat menunjang bisnis kita agar memiliki arah yang jelas, maka diperlukan sebuah pencatatan untuk memetakan pondasi bisnis kita.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang menghasilkan Profit (Keuntungan), kalau hanya bisnis dengan omset yang besar tapi merugi terus maka perlu dipertanyakan apakah anda sedang Berbisnis ataukah sedang Membangun Sebuah Dinas Sosial ya? hehehe..

 

Cara Membuat Business Model Canvass yang Benar
Cara Membuat Business Model Canvass yang Benar

 

Business Model Canvass ini merupakan Sembilan Blok Pondasi Penting dalam Membangun sebuah bisnis.

Nah Sembilan Blok Bangunan ini Menjelaskan secara detail apa saja yang perlu kita “Peta”kan dalam Memulai Sebuah Bisnis.

Secara Singkat Sembilan Blok Bangunan Tersebut adalah:

  1. Customer Segment (Target Market untuk Produk / Jasa Anda)
  2. Value Proposition (Nilai atau Budaya yang Team anda akan Berikan ke Customer Anda)
  3. Channels (Bagaimana Cara anda Terhubung dengan Calon Customer Anda, Misalnya: Media Social, Tv, Radio, dll)
  4. Customer Relationship (Cara Anda Tetap Terhubung dengan Customer Anda, Misalnya: Customer Service, Email Marketing, Website, Mesin ATM, dll)
  5. Revenue Stream (Sumber Pendapatan dalam Bisnis Anda)
  6. Key Resources (Sumber Daya Utama Agar Bisnis Anda dapat Berjalan dengan Baik)
  7. Key Activities (Aktivitas Kunci yang Harus ada Dalam Bisnis Anda)
  8. Key Partnership (Partner Kerjasama yang Terhubung Dengan Bisnis Anda, Misalnya Produsen, Supplier, dll)
  9. Cost Structure (Struktur Biaya yang Terbentuk dari Bisnis Anda, Misalnya: Biaya Operasional, Sewa, Maintenance, dll)

 

Dari ke-sembilan Blok bangunan diatas, semuanya merupakan blok bangunan penting dalam Membuat sebuah Business Model Canvass yang benar.

Terdapat Blok Bangunan yang berhubungan dengan Calon Customer, cara membangun hubungan dengan Customer, Cara berhubungan dengan Karyawan, Berhubungan dengan Partner Bisnis, bahkan Pemetaan untuk Sumber Pendapatan dan Pengeluaran juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan Business Blueprint kita menggunakan Business Model Canvass ini.

 

Business Blueprint atau Cetak Biru dalam Bisnis Kita merupakan sebuah Peta yang akan kita gunakan agar kita tetap On Track / Tetap berada dalam jalur yang benar dalam menjalankan bisnis kita.

Seringkali saat kita memulai sebuah bisnis kita akhirnya hanya ikut-ikutan saja karena melihat ohh bisnis Ayam Geprek lagi ramai, akhirnya ikutan bisnis Ayam Geprek.

Lalu saat kita lihat bisnis Coffee Shop bagus, akhirnya iman kita tergoyahkan dan ganti bisnis lagi.

Padahal bisa saja kita tidak mengerti Cetak Biru atau Business Blue Print dari bisnis yang akan kita lakukan dan akhirnya bukannya Untung malah jadi Buntung atau merugi puluhan juta, rugi ratusan juta hingga rugi milliaran rupiah hanya karena melakukan bisnis dengan dasar ikut-ikutan tanpa mengerti industri yang akan kita masuk dan jalankan.

 

Kalau kata Guru saya Pak Tung Desem Waringin, Investasi yang terbaik itu adalah Investasi Leher keatas (Belajar).

Yes.. Dengan Belajar langsung dari Ahlinya, maka kita akan mengurangi kemungkinan kita Gagal dalam memulai suatu bisnis.

Apakah Pasti Berhasil? Belum tentu, tapi dibandingkan kita langsung terjun ke industri yang kita tidak mengerti dan membayar Uang Sekolah (Kerugian Bisnis) akibat kita tidak mengerti apa yang kita kerjakan..

Maka Menurut saya Pribadi jauh lebih baik kalau kita belajar dulu dari Ahlinya atau bahkan kerjasama dengan Ahlinya agar kita mengerti konsep bisnis yang akan kita kerjakan.

Dengan Mengerti Konsep Bisnis atau Business Blueprint yang kita kerjakan maka kemungkinan kita berhasil saat memulai suatu bisnis akan jauh lebih tinggi dibandingkan kita asal langsung terjun saja ke Industri yang notabene kita tidak mengerti sama sekali.

 

Jika ada pertanyaan, silahkan Comment dibawah atau langsung kontak saja ke Coach Jonathan Leman.

Jika Artikel ini Bermanfaat, Silahkan di Share ke teman-temannya karena siapa tahu ada teman anda yang sedang membutuhkan Artikel ini. 🙂

Salam Dahsyat Karaengku Semuanya..

PS: Karaeng = Raja dalam Bahasa Bugis Makassar.

 

Mau Belajar Lebih lanjut atau mengundang Coach Jonathan Leman untuk menjelaskan secara lebih detail Cara Membuat Business Model Canvass yang Benar untuk Bisnis anda?

 

Langsung Kontak di: 0811 445 888 7 (Telkomsel)

Karena Padatnya Jadwal Coach Jonathan Leman, maka segera buat Janji untuk Jadwal Business Coaching bersama Coach Jonathan Leman.