Cara Mencapai Goal Perusahaan, Cara Mencapai Target

2 – Business Strategy (How To Achieve Business Goals)

Merancang Sebuah Pondasi bisnis tentunya tidak akan berarti jika kita tidak ikut merancang sebuah Business Strategy / Strategi Bisnis Perusahaan yang Tepat Sasaran.

Business Strategy / Strategi Bisnis adalah suatu perencanaan yang akan membantu kita bergerak dari titik sekarang ini menuju ke titik yang kita inginkan (Target Bisnis yang diinginkan)

Tentu saja membangun sebuah strategi bisnis tidak akan luput dengan SDM / Sumber Daya Manusia yang akan mendukung bisnis kita bertumbuh ke arah yang kita inginkan.

 

Pada Proses membuat strategi bisnis ini akan meliputi proses pembuatan Struktur Organisasi, Belajar Proses Recruitment, Membuat Marketing Campaign, Strategi Penjualan, dll

Salah Satu Metode yang paling sering digunakan saat merancang sebuah strategi bisnis / Goal Setting adalah metode SMART Goal.

Metode SMART Goal adalah Sebagai Berikut:

  1. S – Spesifik, Goal yang kita inginkan haruslah kita tuliskan secara detail dan jelas. Misalnya kita menuliskan Goal: Saya Mau Semakin Kaya Raya, dan akhirnya ditengah perjalanan kita menemukan uang dijalanan Rp. 1.000,-.. Nah Pertanyaannya apakah kita semakin kaya? Yes, tentu saja semakin kaya karena kekayaan kita bertambah Seribu rupiah ya? Tapi tentu saja bukan itu yang benar-benar kita inginkan. Oleh karena itu tulislah secara Detail dan Jelas untuk Goal yang kita inginkan, misalnya: Saya Mau memiliki pendapatan Rp. 100.000.000,- per bulan secara pasif tanpa saya harus bekerja.
  2. M – Measureable, Goal yang kita inginkan juga haruslah dapat diukur. Sama seperti kasus pada Goal yang tidak Spesifik. Kita harus menetapkan ukuran pencapaian Goal kita dengan angka yang jelas agar kita juga segera mempersiapkan sumber daya yang kita butuhkan untuk dapat mencapai Goal yang kita inginkan.
  3. A – Action Plan, setelah memiliki Goal yang Spesifik dan dapat Diukur (Measureable) maka selanjutnya kita harus segera membuat Action Plan atau langkah-langkah pencapaian. Buatlah selangkah kecil demi selangkah kecil dalam mencapai Goal yang kita inginkan agar kita dapat lebih bersemangat dengan memenangkan pencapaian-pencapaian kecil hingga dapat mencapai Goal yang kita inginkan dibandingkan dengan langsung melihat Goal kita yang menurut kita terlalu besar maka akan membuat kita patah semangat untuk mencapainya. Misalnya kondisi saat ini kita memiliki penghasilan Rp. 3.000.000,- per bulan dan berniat untuk memiliki penghasilan Rp. 100.000.000,- per bulan, maka pecahlah goal kita kelangkah-langkah kecil seperti kita harus belajar apa untuk dapat mencapai goal tersebut, harus belajar dengan siapa, harus melakukan apa setiap hari sedemikian sehingga Goal kita semakin dekat dan mudah untuk dicapai.
  4. R – Realistis, Goal yang kita tuliskan juga haruslah masuk akal. misalnya kondisi saat ini kita memiliki penghasilan Rp. 3.000.000,- per bulan lalu kita menuliskan Goal yang sangat Spesifik dan dapat diukur seperti: Saya ingin memiliki Penghasilan Rp. 100.000.000,- besok tanpa bekerja dan belajar hal yang baru sama sekali. Hellooww? Mungkin orang-orang yang mendengar Goal anda akan tertawa terbahak-bahak mendengar Goal anda yang tidak masuk akal dan tidak realistis. Semua Goal memiliki proses pencapaiannya, harus realistis dan terus meningkatkan kapasitas diri kita agar dapat lebih mudah mencapai Goal yang kita inginkan.
  5. T – Timeline, semua Goal yang kita buat haruslah memiliki Timeline atau batas waktu. Bukan hal yang lucu jika ternyata Goal yang kita inginkan disaat kita berusia 25 Tahun yaitu memiliki penghasilan Rp. 100.000.000,- per bulan ternyata tercapai di usia kita yang ke 70 tahun karena tidak adanya batas waktu yang jelas kapan kita ingin Goal kita tercapai. Sehingga dalam proses pencapaiannya mungkin saja kita jadi bersantai-santai dan bermalas-malasan.. Padahal jika Goal tersebut bisa tercapai di masa muda kita, mungkin kita bisa upgrade Goal kita ke yang lebih tinggi lagi bahkan bisa membantu lebih banyak orang lagi dengan Penghasilan yang kita dapatkan.

Kemudian bagaimana dengan Setting Goal pada Perusahaan agar dapat Terus bertumbuh, Semakin Efisien dan Profitable?

Tentu saja tuliskan terlebih dahulu perusahaan kita mau mencapai apa, caranya bagaimana, membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang seperti apa dan diposisi apa saja, Strategi Marketing & Penjualan harus seperti apa, hubungan dengan Supplier seperti bagaimana, dll..

Dengan kita menuliskan Goal yang jelas, maka sasaran atau target yang ingin kita tuju juga semakin terarah sehingga kita bisa mempersiapkan amunisi dan perlengkapan senjata yang lengkap sebelum terjun di medan tempur dalam mencapai Goal yang kita inginkan.

 

Amunisi dan Perlengkapan Senjata itu apa Coach?

Contohnya saja: Keahlian yang kita miliki, Modal Finansial, Kesehatan, Sumber Daya Manusia yang kita miliki, Hubungan dengan Supplier, Strategi Marketing dan Penjualan, dst.

 

Pada Intinya dalam Mencapai Sebuah Business Goals, maka akan ada 3 Hal Penting yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Marketing Plan
  2. Kontrol Finansial
  3. Sumber Daya Manusia

Atau jika Disingkat menjadi MKS (Menjadi Kaya Selalu).. hehehe.. 🙂

 

Jika ada pertanyaan, silahkan Comment dibawah atau langsung kontak saja ke Coach Jonathan Leman.

Jika Artikel ini Bermanfaat, Silahkan di Share ke teman-temannya karena siapa tahu ada teman anda yang sedang membutuhkan Artikel ini. 🙂

Salam Dahsyat Karaengku Semuanya..

PS: Karaeng = Raja dalam Bahasa Bugis Makassar.

 

Mau Belajar Lebih lanjut atau mengundang Coach Jonathan Leman untuk menjelaskan secara lebih detail Cara Membuat Business Strategy yang Benar untuk Bisnis anda?

 

Langsung Kontak di: 0811 445 888 7 (Telkomsel)

Karena Padatnya Jadwal Coach Jonathan Leman, maka segera buat Janji untuk Jadwal Business Coaching bersama Coach Jonathan Leman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.